Kamis, 22 Desember 2011

Ibuk ~dengan tekanan "k" diakhir kata~

jejak usang, kiri-kanan, mbk,ibuk,aul,mas
Hari ini hari ibu ya?
Sempat tadi setelah membuka mata pertama kali hal yang kupikirkan adalah sms ibuk. Sekedar mengucapkan selamat hari ibu, berujar doa, dan sama mengamini.  Sebenarnya hari mengkhususkan itu hanyalah sebuah momentum, kesannya kalo gitu tanggal 22 desember aja kita ingetnya sama ibu ya? Kayak kita baru inget lagu kebangsaan Indonesia kalo pas 17-an aja. Miris atau bangga?
Pagi ini pun segala jejaring sosial, twitter, fb, PM BBM, DP BBM, bertemakan ibu, benar-benar dari hati atau hanya mengikuti arus tuk sekedar dicap sebagai anak berbakti oleh orang lain? Lagi-lagi, saya itu skeptis banget yah. Hahahah yah urusan orang lainlah. 

Ibuk, saya suka memanggilnya begitu, dengan tekanan pada akhiran konsonan "k", bukan mama, bunda, mami, emak, biyung atau sebutan lain bagi induk semang manusia itu. Kalo memanggil "ibu" saja terkesan jadi pelajaran bahasa indonesia dulu sewaktu SD, "ibu" itu "ibu-nya" B-U-D-I. Ingat? I-N-I   I-B-U    B-U-D-I. Dan saya A-U-L-I-A bukan Be-U-De-I. Sekian.

Jujur, saya semakin dekat dengan ibuk semenjak remaja ini, dulu kalo boleh saya bilang, perhatian ibuk tendensius ke mbk saya, apa-apa mbk saya, dibeliin apa-apa mesti buat mbk, sampe-sampe saya lupa saya itu dulu punya boneka gak ya? Tapi yang saya tau, mbk-lah yang sering maen maenan cewek begituan. Masa kecil saya malah kebanyakan di luar rumah, maenan layangan, panjat pohon rambutan, maen beteng-betengan, maenan rumah-rumahan tanah, masak-masakan di kebon, petak umpet, kebanyakan temen rumah pun anak laki-laki. Pokoknya dulu saya dekil, kecil, item, idup pula, tipe bocah yang di "Bocah Petualang"  itu, ya semua berkat disorientasi pergaulan #pokpokjidat. Nah, semenjak mbk saya nikah ini juga, saya jadi apa-apanya lari ke ibuk, sampe-sampe curhat soal ehm ehmm kaum adam #blushing. Ibuk saya tahu semuanya. Memang terkadang kami sering berbeda pendapat dalam menanggapi permasalahan tertentu, gak memungkiri kadang saya suka ngambek, marah-marah gak jelas bahkan sempet pernah ngebentak gara-gara saking meledaknya saya. Tiba-tiba, semua itu membuat saya merasa bersalah, menangis, setitik nila membuat adukan susuku berubah warna.
Sekarang, setelah semakin mengerti betapa perjuangan ibuk saya berat, sejauh apapun saya ingin menggamit tangan keriputnya, memberikan setitik embun di masa tuanya, menjadi buah yang masak dan memetikan untuknya. Sungguh, demi apapun di dunia ini, "ya Allah ya rakhiiim, tolong lindungi ibuku, selagi tangan saya tak mampu merangkul, berilah dia kekuatan tuk jalani sisa umurnya di kala saya tak mampu memapah, payungi beliau di bawah ridho-Mu di kala saya tak mampu memberikan apa yang beliau ingini, berikan sandaran di waktu bahu saya berkilo-kilo meter jauhnya dari tempat beliau berada, hapus air matanya di kala saya tak mampu menyekanya, Saya mohon beri kesempatan tuk beliau bernapas lebih lama sebelum saya benar-benar memberikan embun penyejuk untuknya, hamba mohon dengan segala kerendahan hati dengan segala kepapa-an hamba, dengan segala daya upaya hamba, hamba mohon dengan amat sangat, ya rahmaan."

Sebelum hamba siap melihat beliau terbujur kaku, hanya dengan selembar kain putih yang membelit,
sebelum orang-orang itu mendendangkan symphoni dari ayat suci YaasinMu, sebelum mereka berbondong-bondong memandu tubuh kaku itu ke tempat peristirahatan terakhirnya, saya mohon ridhoi hamba menjadi anak yang berguna, setidaknya berguna bagi hidup saya dan orang tua khusus ibuk saya. :"(

"Sometimes I feel my heart so lonely but it's ok, no matter how they just left me and I don't care, whenever the rain comes down and it's seems there's none to hold me, she's there for me, she's my mom.
Just for my mom, I write this song
Just for my mom, I sing this song
Just for my mom, can wipe my tears
Just for my mom, can only here
Trap in a subway, can't remember the day but I feel ok, damped in damn situation, in every condition with no conclusion, whenever the rain comes down and it's seems there's none to hold me
She's there for me, she's my mom

You may say I have none to cover me under the sun
She's there for me, she's my mom"


Sujud sungkem untuk ibuk, 
anakmu yang sedang berjuang untukmu.


0 commentfootprint:

 

A Walk to Remember Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template